PENGARUH FAKTOR TEKNOLOGI, KUALITAS PRODUK DAN FOKUS PADA PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA RESTORAN SAUNG DAPOER KAMPOENG)
Abstract
The purpose of this research was determined to know the influence of factor of technology, product quality, and focus on customer toward customer satisfaction at Saung Dapoer Kampoeng Restaurant. The population of this research was all people who came and made a purchase in Saung Dapoer Kampoeng Restaurant and to set the sample of research used non-probability sampling method by combining convenience and purposive sampling techniques on as many as 85 respondents. The results of data quality test showed that the instruments of this research are valid and reliable and fulfill the requirements of classical assumption analysis. The results of multiple linear regression analysis showed that the predictor of focus on customer had the most dominant effect on customer satisfaction, afterwards product quality predictor, and the last one was predictor of factors of technology contributed the smallest influence toward customer satisfaction.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, I. dan Suhaji. 2012. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan pada UD Pandan Wangi Semarang”. Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, Vol. 1, Hal.7
Andreani, F. 2007. “Customer Relationship Management (CRM) dan Aplikasinya dalam Industri Manufaktur dan Jasa”. Jurnal Manjemen Pemasaran, Vol. 2, No. 2.
Azisyah, D.A. 2016. “Pengaruh Self Service Technology, Kualitas Layanan, Hubungan Pemasaran terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada Bank BNI di Surabaya”. Jurnal Perbanas Surabaya, Vol. n.v, Hal. 1-13.
Beladin, M.I., dan Dwiyanto, B.M. 2013. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Citra Merekterhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Pengguna Sepeda Motor Merek Yamaha dari Kalangan Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)”. Journal of Management, Vol. 2, No. 2, Hal. 1-10.
Chadhiq, Umar. 2015.”Customer Relationship Management (CRM) : Pilihan Strategi untuk Meraih Keunggulan Bersaing”. Jurnal Dharma Ekonomi, Vol. 18, Hal. 33-47.
Chan, Stanley. 2003. Relationship Marketing Inovasi Pemasar yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Chourmain, Imam. 2008. Acuan Normatif Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Jakarta: Al-Haramain Publishing House.
Citraluki, Jaeqline. 2016. “Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Indomaret Sekecamatan Kartasura Tahun 2016”. Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ferdinand, Agusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen (Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Ilmu Manajemen). Semarang: BP UNDIP.
Indra, SG, 2015, “Fokus pada pelanggan - Bagaimana Menerapkannya?”, http://changekonsultan.com/konsultan-iso, diakses 30 Oktober 2015.
Judhi, Dwi. 2003. “Marketing Relationship Strategy sebagai Suatu Cara untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Jurnal ASET Edisi Khusus Kemerdekaan RI ke-58, Hlm. 50
Kadir, Abdul, 2004, “Pengertian Teknologi Informasi”, http://id.shvoong.com diakses 28 Oktober 2015.
Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian). Jakarta : Penerbit Erlangga.
Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi: Bagaimana Meneliti dan Menulis Tesis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Pattanayak, D & Punyatoya, P. 2015. “Impact of Total Quality Management on Customer Satisfaction in India Banking Sector”. Europan Journal of Business and Management, Vol. 16, No.2, pp.127-147.
Pramono, Dwi, 4 April 2015, “Saung Dapoer Kampoeng Suasana Sunda di Tengah Kota Semarang”, http://hellosemarang.com, diakses tanggal 15 November 2015.
Prasastono, Ndaru & Pradapa, Sri Y.F. 2012. “Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi”. Jurnal Dinamika Kepariwisataan, Vol. XI No. 2
Purwanto, Agus Budi. 2014. “Model Pengembangan Kualitas Produk Dalam Rangka Meraih Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada UKM Bandeng Presto di Kota Semarang)”. Jurnal Fokus Ekonomi, Vol. 9 No. 1, Hal 96-108.
Rangkuti, Freddy. 2004. The Power of Brands. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Singarimbun, Masri. 2000. Metode Penelitian. Jakarta: Survei Lembaga Penelitian Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).
Sugiarto, Y.P.H & Telan, A.C.N. 2011. “Analysis of Influence Factor of Technology, Product Quality, and Customer Focus on Customer Satisfaction (Study on Buyer Products of Bandeng Juwana Erlina Semarang)”. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 18 No. 1, Hal. 1-11.
Sugianto, J., & Sugiharto, S. 2013. “Analisa Pengaruh Service Quality, Food Quality, dan Price Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Yung Ho Surabaya”. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 1 No. 2, Hal.1-10.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2011. Metodologi Penelelitian Untuk Ekonomi (Alat Statistik & Analisis Output Komputer. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Suyoto, Tony. 2012. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Evaluasi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Quick Chicken Jl. Dharmahusada, Surabaya”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol. 1 No. 3.
Tabloid Simpang 5, 2014, “Saung Dapoer Kampoeng, Nikmati Suasana Saung di Tengah Kota”. http://tabloidsimpang5.com/saung-dapoer-kampoeng-nikmati-suasana-saung-di-tengah-kota/, diakses 30 Oktober 2015.
Refbacks
- There are currently no refbacks.