PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEBIJAKAN HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDY KASUS PADA KONSUMEN DI MATAHARI DEPARTEMEN STORE TBK)
Abstract
This study aims to determine the quality of products, pricing policies and promotion of purchasing decisions either partially or simultaneously to consumers in Matahari Department Store Tbk Semarang. The object of this research is consumer in Matahari Department Store Tbk Semarang. Data was collected in March 2017 with a questionnaire or questionnaire obtained from consumers at Matahari Department Store Tbk Semarang. Data analysis tools used are multiple linear regression analysis and significance test using t test and F test.
The results showed that partially product quality and promotion have a significant influence on purchasing decision. But pricing policies have no significant partial effect on purchasing decisions. However, in the F test or simultaneous product quality, pricing and promotion policies have a significant effect on purchasing decisionsKeywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. 2007. Manajemen Pemasaran Dan Manajemen Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bhuono, A. N. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian Dengan SPSS. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandi, T. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ferdinand, A. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 248-9.
Ghozali, I. 2009. Ekonometrika: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19-5/E. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Hermann, P. C., Huber, S. L., Herrler, T., Aicher, A., Ellwart, J. W., Guba, M., ... & Heeschen, C. 2007. Distinct populations of cancer stem cells determine tumor growth and metastatic activity in human pancreatic cancer. Cell stem cell, 1(3), 313-323.
Hidayat, L. 2012. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Distribusi, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi. Fak: Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Indriyo, G. 2008. Manajemen Pemasaran, edisi kedua, cetakan pertama. Penerbit: BPFE, Yogyakarta.
Kotler, P dan G. Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jilid dua. Erlangga. Jakarta.
Kotler, P. 2007. Marketing in the public sector. Pearson Education India.
Kotler, P., & Amstrong, G. 2008. Principles of Marketing 12th edition Prentice Hall International. Pearson Educatio
Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2010. Principles Of Marketing. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Dirección De Marketing. Pearson educación.
Kurniasari, N. D., & SANTOSO, S. B. 2013. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang Jl. Sriwijaya 11 Semarang)”. Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
Lembang, R. D., & SUGIONO, S. 2010. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhadap Keputusan Pembelian Teh Siap Minum Dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1 Reguler II Universitas Diponegoro)”.Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi UNDIP.
Lupiyoadi, R. 2008. Peranan Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat, Jakarta.
Machfoedz, M. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Akademi Manajemen Perusahaan YKPN. Yogyakarta.
Muanas, A. 2014. “Pengaruh Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Di Pt. Buana Indomobil Trada” Jurnal Ilmu & Riset Manajemen Vol. 3 No. 12.
Kotler, P., & Amstrong, G. 2008. Principles of Marketing 12th edition Prentice Hall International, Pearson Education.
Nuryadin, A. 2012. Manajemen Perusahaan. Yogyakarta: Laks Bang Pressindo. Perwira, F.T. 2013.”Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Toyota Yaris pada PT. Nasmoco Gombel Semarang”. Skripsi. Fakultas Ilmu
Rianto, A. W. 2014. “Pengaruh Merek Dan Kebijakan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengunjung Yang Membeli Dan Mendapatkan Diskon Musiman
Terhadap Produk Inspired27 Di Kota Malang)”. Jurnal Administrasi Bisnis Vol.14 No. 1.
Subagyo, A. 2010. Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Sugiyono, D. R. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutojo, S. 2009. Manajemen Pemasaran. Penerbit Damar Mulia Pustaka. Jakarta.
Umar, H. 2000. Metodologi Penelitian. Gramedia Pustaka Umum, Jakarta.
Widodo, O. W. 2012. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada 123 Design And Photography di Semarang)”. Doctoral dissertation. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Wiyadi, W. 2011. Manajemen Pemasaran: Strategi dan Program. Solo: Smart Media.
Woy, M. A., Mandey, S., & Soepeno, D. 2014. “Kualitas Produk, Strategi Harga, Promosi Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Pada Pt. Nusantara Surya Sakti Manado”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi Vol. 2 No. 3.
Nabila, Marsya. 2016. OMZET RITEL MODERN: Kuartal I, Aprindo Targetkan Tumbuh 10 Persen. http://industri.bisnis.com diakses pada tanggal 5 Januari 2017.
Matahari Departemen Store Tbk. www.matahari.co.id. Diakses pada tanggal 18 Novemner 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.