EDUKASI DIGITAL MARKETING UNTUK PELAKU UMKM DESA SAMBONG

Ratna Suryani, Lustono Lustono, Siti Maesaroh, Andi Wahyu Saputra

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi berupa pengetahuan dan pendampingan kepada para pelaku UMKM tentang cara meningkatkan pendapatan melalui digital marketing di Desa Sambong, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara. Masing-masing pelaku UMKM di Desa Sambong selama ini menjual barang dagangannya secara langsung kepada konsumen, terlebih pada saat pandemi Covid-19, mereka hanya bisa menjual produknya di lingkup desa sekitar saja. Sehingga pendapatan mengalami penurunan. Pelaksanaan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM dalam bidang pemasaran produk secara digital guna menaikkan pendapatan sehingga taraf hidup keluarga semakin sejahtera. Peserta memperoleh pemahaman tentang cara memanfaatkan handphone sebagai alat berdagang di dunia digital. Mereka didampingi dalam pembuatan akun media sosial serta cara pemasarannya di dunia digital. Pengabdian dilaksanakan dengan metode ceramah, simulasi, dan pendampingan. Peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi yang diberikan.

Kata kunci: edukasi digital marketing, pelaku UMKM, peningkatan pendapatan

Full Text:

PDF

References

Ananda. 2022. Pengertian Digital Marketing: Jenis, Manfaat, dan Kelebihannya. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-digital-marketing-2/. Diunduh 3 Januari 2023.

Chaffey, Dave and Richard Mayer. 2009. Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Jakarta: Prentice Hall/Financial Times.

Elistia. 2022. Digital Marketing. https://lms-paralel.esaunggul.ac.id/pluginfile.php?file=/355888/mod_resource/content/1/13_Modul+Online+ke-13;+Digital+Marketing.pdf. Universitas Esa Unggul. Diunduh 2 November 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.