Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi

Fokus Ekonomi merupakan majalah ilmiah yang diterbitkan secara berkala dalam waktu 6 bulan (semester) yaitu bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Jurnal ini memuat naskah atau artikel yang bersifat library research dam empirical research.

Artikel-artikel yang dimuat dalam Fokus Ekonomi berasal dari para akademisi, praktisi dan pemerhati dengan beberapa acuan sebagai berikut:

  1. Naskah artikel bisa ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dan belum pernah dipublikasikan.
  2. Naskah yang dikirim ke redaksi dengan urutan format penulisan yang terdiri  dari: Judul, Nama Penulis, Abstraksi, Pendahuluan, Ulasan, Penutup, Referensi berupa textbook, jurnal, majalah, dan harian. Penulis harus menyertakan curriculum vitae (CV).
  3. Abstraksi ditulis dalam bahasa Indonesia dan Inggris, lebih kurang 200 kata, berisi tentang high-light hasil penelitian yang menonjol dan terkait dengan judul artikel, kajian kepustakaan, dan ulasan ilmiah mengikuti.
  4. Pendahuluan berisi latar belakang dan rumusan masalah, studi kepustakaan, tujuan dan manfaat serta kontribusi hasil.
  5. Ulasan berisi metode penelitian serta hasil dan pembahasan.
  6. Penutup berisi simpulan dan saran, baik yang berkaitan tentang topik bahasan atau untuk peneliti berikutnya (jika ada).
  7. Mengutip minimal satu artikel yang pernah diterbitkan di Jurnal Fokus Ekonomi edisi sebelumnya.
  8. Referensi ditulis dengan format sebagai berikut:

Arikunto, Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Analisa, BPFE, UGM, Yogyakarta.

Baso, Moeradi, HM, 1999, Tantangan dan Peluang Lembaga dan Profesional Pengembangan Sumber Daya Manusia Menjelang dan Dalam Era Globalisasi, Majalah Manajemen Usahawan Indonesia, Edisi No. 5 Tahun XXVIII, Mei.

  1. Print-out naskah yang diserahkan harus rangkap dua beserta filenya dengan Microsoft Word, jarak baris 1.5 spasi, dan kertas ukuran kuarto
  2. Sebagai bukti naskah artikel telah dimuat di Fokus Ekonomi, maka penulis berhak menerima satu eksemplar Fokus Ekonomi edisi tersebut yang akan dikirim ke alamat penulis atau dapat diambil di redaksi.
  3. Deadline penyerahan naskah artikel pada redaksi Fokus Ekonomi adalah minggu kedua bulan Mei dan Nopember.